Senin, 02 Januari 2012

Bab 6. Pemasaran

A.  Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Definisi yang paling sesuai dengan tujuan tersebut adalah :
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997).
Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).


        B.  Jenis-jenis Pasar

1.       Pasar persaingan Sempurna

Ø  Adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar.

Ø  Ciri-cirinya : Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak, Barang yang diperdagangkan serba sama, Masing-masing penjual hanya berperan sebagai price taken (yang menetapkan harga).

2.    Pasar Monopoli ( milik Pemerintah )

Ø  Adalah suatu bentuk intnteraksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan banyak pembeli.

Ø  Ciri-cirinya : Harga ditentukan satu perusahaan, Tidak terdapat barang pengganti yang mirip atau sama (clouse substitution), Tidak terdapat kemingkinan untuk masuk kedalam industry.

       3.    Pasar Persaingan Monopolistik

Ø  Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama tetapi berbeda corak (model).

Ø  Ciri-cirinya : Terdapat banyak penjual yang berkecampung di pasar, Barang yang dijual diferentiaten, Setiap penjual atau produsen aktif melakukan produksi dan iklan.

4.    Pasar Oligopoly

Ø  Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. 

Ø  Ciri-cirinya : Terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar, Barang yang diperjual belikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk), Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.

        C.  Konsep inti Pemasaran

© Konsep Produksi : Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi.

©  Konsep Produk : Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus produknya.

© Konsep Penjualan : Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan dengan baik.

        D. Bauran Pemasaran
Ø  Definisi Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.

Ø  Empat variabel bauran pemasaran
Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:

a)      Produk (product)
 Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

b)     Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.

c)      Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.

d)     Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
    
      E.  Tujuan Sistem Pemasaran

Secara umum, tujuan sistem pemasaran adalah sebagai berikut :      
Ø  Memaksimumkan konsumsi
Ø  Memaksimumkan utilitas (kepuasan) konsumsi
Ø  Memaksimumkan pilihan
Ø  Memaksimumkan mutu hidup
Ø  Kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga, lingkungan

       F.  Pendekatan dalam mempelajari pemasaran

Ø  Pendekatan Serba Fungsi
Ø  Pendekatan Serba Lembaga
Ø  Pendekatan Serba Barang ( Pendekatan Organisasi Industry )
Ø  Pendekatan Serba Manajemen



Sumber :
elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_bisnis/Bab_5.pdf
http://www.wealthindonesia.com/lain-lain/bauran-pemasaran-marketing-mix.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar