Jumat, 30 Maret 2012

MENJADI MANUSIA YANG BERKUALITAS

MENJADI MANUSIA YANG BERKUALITAS”

Untuk menjadi pribadi yang berkualitas apalagi disukai oleh orang lain, tentu membutuhkan proses. Berikut akan membagikan 10 hal untuk menjadi manusia yang berkualitas.

     1.      KETULUSAN
Ketulusan menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling disukai oleh semua orang. Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibohongi ataupun dibodohi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebendaran, tidak suka mengada-ada, pura-pura, mencari alasan atau bahkan memutarbalikan fakta. Prinsipnya “Ya diatas Ya dan Tidak diatas Tidak”. Tapi lebih ideal bila ketulusan yang selembut merpati itu diimbangi dengan kecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yang bisa merugikan diri sendiri.
     
     2.      KERENDAHAN HATI
Rendah hati tentu beda dengan rendah diri yang menjadi kelemahan, justru kerendahan hati mengungkapkan kekuatan. Hanya orang yang kuat jwanya yang bisa bersikap rendah hati, bagaikan padi yang kian berisi kian merunduk. Orang yang rendah hati bisa mengakui keunggulan orang lain dan membuat yang diatasnya merasa oke dan yang dibawahnya tidak merasa minder.

     3.      KESETIAAN
Sekarang kesetiaan sudah menjadi barang langka dan sangat tinggi harganya. Orang yang setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia adalah orang yang selalu menepati janjinya, punya komitmen yang kuat, tidak suka berkhianat, dan rela berkorban.

     4.      POSITIVE THINKING
Orang yang bersikap “Positive Thinking” selalu berusaha melihat segala hal dari kacamata positif, bahkan dalam situasi terburuk sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara tentang harapan, suka mencari solusi, dan lebih suka memuji daripada mengecam.

     5.      KECERIAAN
Tidak semua orang diakruniai tempramen ceria, maka keceriaan tidak harus diartikan ekspresi wajah dan tubuh tapi sikap hati. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Juga memiliki potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.

     6.      TANGGUNG JAWAB
Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Berani mengakui jika melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan, dan tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan saat dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun.

     7.      PERCAYA DIRI
Percaya diri memungkinkan orang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya juga menghargai orang lain. Juga mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.

     8.      KEBESARAN JIWA
Kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang untuk memaafkan orang lain yang bersalah kepadanya. Orang yang berjiwa besar tidak akan membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan.

     9.      EASY GOING
Orang yang “Easy Going” menganggap hidup ini ringan. Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil. Bahkan berusaha mengecilkan masalah-masalah besar. Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan masa depan dan masalah-masalah yang berada di luar kontrolnya.

     10.  EMPATI
Empati adalah sifat yang sangat mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ia selalu mencari jalan keluar dari sebuah konflik yang terjadi dan selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.

8 komentar: