Jumat, 29 Juni 2012

Arsitektur Search Engine


Search engine bisa juga disebut robot pintar yang dapat mencari dan merauk semua data dalam internet. Kurang lebih begitu penjelasan dari K'Fauzi waktu praktikum di Lab Internet Dasar. Ternyata search engine merupakan robot dengan program yang sangat canggih untuk mengambil data-data yang ada di internet sesuai dengan keyword yang kita ketik. 

1. SpiderNah yang pertama Spider sebuah program yang  bekerja untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya, 11-12 dengan browser. Bedanya Spider tidak kelihatan (Unseen) karena ditujukan kepada mesin yang langsung disimpan pada database mereka, tapi kalau browser ditujukan kepada manusia yang langsung menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, dan sebagainya (User Interface).

2. Crawler
Crawler ini ampir sama seperti spider diatas, tetapi Crawler tugasnya menelusuri setiap link yang ada di sebuah web site. Jadi Crawler berperan sebagai GPS yang membantu Spider untuk menentukan arah yang akan ditujunya sekaligus mengevaluasi link yang dicari.

3. IndexerIndexer disini berperan sebagai Editor, yaitu salah satu komponen search engine yang bertugas untuk menjelaskan suatu halaman web site dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan judul, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada di konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword di dalamnya.

4. Database
Database seperti yang pernah kita pelajari di kelas database adalah tempat untuk mengorganisasikan dta jadi dalam search engine merupakan komponen  yang bertugas sebagai tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah didownload oleh Spider serta sebagai tempat yang tadinya digunakan oleh Indexer dalam menganalisa suatu web.

5. Result Engine
Result Engine sendiri bertugas menggolongkan suatu web site dalam hasil pencarian yang diminta oleh user. Result Engine menganalisa siapa yang pantas masuk kriteria utama dalam pencarian suatu keyword yang diminta oleh pengguna. Data yang pertama muncul tentunya data yang telah memenuhi kriteria-kriteria search engine dan kaidah tertentu yang ditentukan oleh search engine.

6. Web Server
Dan yang terakhir ada Web Server merupakan komponen yang berfungsi melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut. Web Server merupakan bagian central dan penentu terhadap apa yang akan diminta oleh user.

Demikianlah hasil penutoran dari K'Fauzi selama hari terakhir praktikum di Lab Internet Dasar. Semoga bisa berguna bagi yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar