Jumat, 29 Juni 2012

Bermain Saham


Tulisan ini saya buat untuk melengkapi tugas dari tutor saya K'Fauzi sewaktu praktikum di Lab Internet Dasar. Memang K'Fauzi di Lab Internet Dasartidak menjelaskan tentang saham tapi ada betulnya juga mempelajari ini untuk anak fakultas ekonomi seperti saya,
Dengan bermain saham berarti kita melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan, walau saya juga belum mengerti betul bagaimana cara bermain saham yang benar, tapi dengan membaca-baca artikel yang saya temui, ya sedikit bisa megetahui tentang bermain saham. Tapi kita tetap harus hati-hati dalam bermain saham karena selain bisa mendatangkan keuntungan yang banyak bisa juga menyebabkan kerugian yang besar bila tidak mengolah dana yang kita beli tadi dengan baik. 
Sebenarnya banyak blog yang membahas bagaimana kita seorang pemula agar bisa bermain saham dengan aman dan baik, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan : 
  1. Melihat dengan cermat latar belakang, karakteristik, serta nilai-nilai perusahaan itu sendiri yang dikenal sebagai analisa fundamental. Dalam analisi fundamental, yang dijadikan dasar perkiraan harga sebuah saham adalah faktor-faktor fundamenal seperti laporan keuangan dan infromasi penting lainnya yang sewaktu-waktu diumumkan perusahaan publik dan perkembangan ekonomi makro. Jal hal ini sangat penting untuk menganalisa perusahaan lainnya sebelum Anda mulai ke tahap selanjutnya.
  2. Jangan mudah percaya pada data-data keuangan yang belum diaudit atau belum disahkan oleh Bapepam. Indonesia adalah salah satu emerging market dan karakteristik utama dari pasar seperti ini adalah beredarnya data yang unreliable. Hati-hati dan tetap konservatif.
  3. Lakukan analisa teknikal. Semua analis saham profesional menggunakan konsep analisa teknikal untuk mengetahui pola pergerakan harga saham di pasar dari formasi grafik yang terbentuk oleh pergerakan harga yang terjadi. Anda perlu tahu bahwa analisa teknikal sendiri terbagi menjadi dua bagian besar, yakni analisa teknikal klasik dan analisa teknikal modern
  4. Disiplin. Tetapkan batas atas dan batas bawah. Misalnya, 33% di atas dan 5% di bawah. Taati aturan itu dan jangan sekali-kali mengikuti nafsu dan emosi Anda. Kalau Anda berani mengambil resiko, tidak apa-apa tanpa cut loss, kecuali 1) Anda pakai margin, 2) harga saham sudah tergolong tinggi, dan 3) ketika Anda masuk, harga atau tren berbalik arah.
  5. Belajar fundamental ekonomi global dan emiten tertentu adalah suatu keharusan.
  6. Jangan lupa berdoa minta bimbingan Tuhan ya karena tanpa rahmatnya kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. =)
 Cukup sekian hal-hal yang perlu diperhatikan, semoga tulisannya berguna untuk para pemula yang tertarik untuk bermain saham, lumayanlah untuk menambah-nambah penghasilan. 

Sumber

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Saham silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6011/1/Dokumen%20Presentasi.pdf

    BalasHapus