Peranan Koperasi diBerbagai Keadaan Persaingan :
Di Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan
sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan
jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat
homogeny sehingga semua produk terlihat identik. Harga terbentuk melalui
mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga
penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya
berperan sebagai penerima harga (price-taker).
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
·
Adanya penjual dan pembeli yang sangat
banyak
·
Produk yang dijual perusahaan adalah
sejenis (homogen)
·
Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
·
Para pembeli dan penjual memiliki
informasi yang sempurna
Di Pasar Monopolistik
Pasar
Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di
mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas,
namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang
membedakannya dengan produk lainnya.
Ciri – Ciri Pasar Monopolistik
·
Banyak pejual atau pengusaha dari suatu
produk yang beragam
·
Produk yang dihasilkan tidak homogen
·
Ada produk substitusinya
·
Keluar atau masuk ke industri relatif
mudah
·
Harga produk tidak sama disemua pasar,
tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
Di Pasar Monopsoni
Monopsoni, adalah
keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi
pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Cirri
dari pasar monopsoni adalah adanya satu penjual dan satu pembeli.
Di Pasar Oligopoli
-
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual)
yang menguasai pasar
-
Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga
dan nonharga
Ciri – ciri Pasar Oligopoli
·
Terdapat beberapa penjual
·
Barang yang dijual homogen atau beda
corak
·
Sulit dimasuki perusahaan baru
·
Membutuhkan peran iklan
·
Terdapat satu market leader
·
Harga jual tidak mudah berubah
Sumber :
ahim.staff.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar